NqV8NWZcMGVcMqN4MWt9NatdMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

SKEMA DAUR NITROGEN SECARA SINGKAT DAN MUDAH DIPAHAMI

Bagaimana Skema Daur Nitrogen Secara SingkatPercaya atau tidak bahwa Nitrogen adalah unsur yang paling berlimpah di atmosfer (78% gas di atmosfernya adalah nitrogen). Namun penggunaan nitrogen pada bidang biologis sangatlah terbatas dan minim. Nitrogen juga merupakan unsur yang tidak reaktif artinya sulit bereaksi dengan unsur lain. sehingga hal inilah yang membuat penggunaan nitrogen pada makhluk hidup diperlukan berbagai proses. Proses tersebut yaitu mulai dari fiksasi nitrogen, mineralisasi, nitrifikasi, denitrifikasi.

Penjelasan Skema Daur Hidup Nitrogen Secara Singkat

Siklus nitrogen sendiri merupakan suatu proses konversi senyawa yang mengandung unsur nitrogen sehingga menjadi berbagai macam bentuk kimiawi yang lain. Secara khusus siklus ini sangat dibutuhkan dalam ekologi ketersediaan nitrogen dan dapat mempengaruhi tingkat proses ekosistem kunci termasuk produksi primer dan dekomposisi. Telah banyak pencemaran yang menyebabkan rudaknya siklus nitrogen sehingga berubah menjadi siklus nitrogen global. Berikut akan di jelaskan lebih mendetail tentang Skema Daur Nitrogen

Fungsi Nitrogen Dalam Ekologi


Nitrogen sangat penting dalam berbagai proses dikehidupan Bumi. karena Nitrogen merupakan komponen utama dalam asam amino, yang nantinya dimasukkan dalam protein. Nitrogen juga sering hadir sebagai pembentuk asam nukleat seperti DNA dan RNA. Pada tumbuhan banyak nitrogen yang digunakan dalam molekul klorofil yang memiliki peran penting dalam fotosintesis dan tumbuhan lanjut. Walau sumber nitrogen berlimpah namun sebagian besar juga tidak dapat digunakan oleh tanaman. 

Nitrogen juga diperlukan sebagai pengkonversi gas nitrogen yang kemudian dapat digunakan oleh organisme hidup. Limpahan dan kelengkapan bentuk tetap nitrogen dikenal dengan nitrogen reaktif. Nitrogen inilah yang dapat menentukan seberapa banyak makanan yang dapat tumbuh pada sedibang tanah. Oleh karena itu Nitrogen merupakan komponen yang berperan sangat penting bagi produksi pangan.

Proses-Proses Dalam Skema Daur Nitrogen

SKEMA DAUR NITROGEN SECARA SINGKAT
Skema daur nitrogen

Berikut ini merupakan proses yang terjadi dalam Skema Daur Nitrogen yaitu sebagai berikut: 

1. Fiksasi Nitrogen

Fiksasi nitrogen merupakan proses alam, biologis atau abiotik yang kemudian mengubah nitrogen di udara menjadi ammonia (NH3). Mikroorganisme yang dapat mem-fiksasi nitrogen disebut diazotrof. Sedangkan Mikroorganisme yang melakukan fiksasi nitrogen antara lain:

- Cyanobacteria, 
- Azotobacteraceae, 
- Rhizobia, 
- Clostridium, dan 
- Frankia. 
- Ganggang hijau biru

2. Asimilasi

Tanaman akan mendapatkan nitrogen dari tanah melalui absorbsi akar dalam bentuk ion mitrat ataupun ion amonium. Dan hewan memperoleh nitrogen dari tanaman yang mereka makan. Tanaman dapat menyerap ion nitrat atau amonium melalui akarnya. Tanaman yang memiliki hubungan mutualistik dengan rhizobia dapat membuat nitrogen berasimilasi dalam bentuk ion amonium langsung dari nodul.

3. Amonifikasi

Jika suatu tumbuhan maupun hewan mati, nitrogen organik berubah menjadi amonium (NH4+) dari bakteri dan jamur.

4. Nitrifikasi

Dalam hal ini konversi anomium menjadi nitrat yang dilakukan abkteri dalam tanah dan bakteri nitrifikasi lainnya. Utamanya tahap bakteri nitrifikasi seperti spesies Nitrosomonas mengoksida amonim (NH4 +) kemudian mengubah amonium menjadi nitrit (NO2-). Sedangkan Spesies bakteri lain, seperti Nitrobacter, memiliki tanggung jawab untuk oksidasi nitrit menjadi dari nitrat (NO3-). Proses ini sangat penting karena nitrit merupakan racun bagi kehidupan tanaman.

5. Denitrifikasi

Denitrifikasi merupakan proses reduksi nitrat untuk kembali menjadi gas nitrogen (N2) dan menyelesaikan siklus nitrogen. 

6. Oksidasi Amonia Anaerobik

Dalam Proses ini membentuk sebagian besar konversi nitrogen dari unsur di lautan. Kondisi anoxic dalam Reduksinya dapat terjadi melalui proses yang disebut oksidasi amonia anaerobik.

Penutup

Nitrogen merupakan unsur yang terpenting di atmosfer sebesar 78% gas atmosfernya adalah nitrogen. Namun walau merupakan unsur yang terpenting penggunaan nitrogen masih sangat terbatas dan minim sekali. Bisa jadi minimnya penggunaan tersebut karena disebabkan sulitnya Nitrogen untuk bereaksi dengan unsur yang lain. Skema Daur Nitrogen melewati proses-proses seperti: Fiksasi Nitrogen, Mineralisasi, Nitrifikasi, Denitifikasi, Amonifikasi dan Oksidasi Amonia Anaerobik.
Share This Article :
Admin

2150015116394843804