NqV8NWZcMGVcMqN4MWt9NatdMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

KARAKTERISTIK BENUA ANTARTIKA YANG WAJIB KITA KETAHUI

Karakteristik Benua Antartika yang Wajib Kita Ketahui!  Benua Antartika sering di sebut dengan kutub selatan karena terletak benua Antartika pada di ujung paling selatan bumi. Selaun itu benua atrantika secara atronomis terletak pada 52°LS - 90°LS yang berbatasan dengan sejumlah Samudera dimana sebelah utara berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Benua Australia. Sedangkan bagian timur dan barat berbatasan dengan Samudera Pasifik dan bagian sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia.
KARAKTERISTIK BENUA ANTARTIKA YANG WAJIB KITA KETAHUI
Antartika
Selain itu Benua Antartika mempunyai luas wilaya sekitar 14.000.00 kilometer persegi serta sebagain besar mempunyai deretan pegunungan yang selalu tertutup dengan salju sepanjang tahun. Sehingga dengan begitu benua atlantika mempunyai iklim perpaduan dengan angin yang berhembus sangat kencang, udara yang sangat dingin dan badai salaju yang selalu terjadi pada daerah ini. Berikut ini nama – nama deretan pegunungan yang berada di Benua Antartika:
1. Gunung Vinson Massif ( 5.150 m)
2. Gunung Markham (4.350 m)
3. Kirkpatrick (4.528 m)
4. Gunung Jackson (4. 189 m)

Cirikhas Benua Artartika yang Wajib Kita Ketahui

Selain terdapat beberapa deretan pegunungan yang selalu tertutup dengan salju ternyata Benua Antartika juga di bagi menjadi beberapa kelompok wilayah yang di antaranya:
-  Tanah Wikes
-  Tanah Enderble
-  Tanah Graham
-  Tanah Ratu Maud atau Finbel
-  Tanah Selatan Adelia atau Terra Australis

Lima Krakteristik Benua Antartika yang Perlu Kita Ketahui

Benua Antartika juga mempunyai beberapa karakteristik yang diantaranya:
1. Benua Antartika merupakan benua dengan salju abadi sepanjang tahun. Hal ini terjadi karena Benua Antartika sebagian besar terletak sebelah selatan garis Ekuator atau garis imajiner lintasan matahari melewatu bumi. Sehingga dengan begitu benua antartika tidak mendapatkan pancaran sinar matahari dengan frekwensi yang tinggi sepanjang tahuh yang membuat suhu di Benua antartika selalu berada di bawah suhu 0°. Dengan begitu tidak diherankan lagi jika kadar iar yang berada pada daratan ini selalau dalam keadaan beku serta mengakibatkan adanya salju yang abadi sepanjang tahun walaupun pada siang hari.
2. Benua Antartika termasuk benua yang tidak berpenghuni karena letaknya yang jauh dari khatukistiwa yang membuat musim pada benua ini hanya mengalami satu musim saja yaiu musim salju yang sepanjang tahun. Dengan begitu suhu yang ada di benua ini tidak sesuia dengan makhluk hidup sehingga jarang makhluk hidup yang tinggal di sana dengan keadaan suhu yang sangat ekstrem dinginnya.
3.  Benua Antartika tidak di miliki oeh negara mana saja karena tidak ada negara satupun di dunia yang mengakui Benua Antartika sebagai bagian wilayahnya.
4. Benua yang terletak di ujung paling selatan bumi dengan posisi garis lintang dan garis bujurnya terletak pada bagian bmui sebelah selatan atau terletak pada bagian bawah garis ekuator atau garis khatulistiwa.
5. Benua Antartika merupakan benua yang hanya mempunyai begetasi tundra. Selain itu juga mempunyai kontur tanah yang tandus serta angin yang bertiup sangat kencang. Sehingga dengan adanya hal ini vegetasi yang hanya tinggal pada wilayah ini adalah tundra yaitu berupa tumbuhan leleumutan yang mampu bertahan hidup pada lingkungan yang mempunyai suhu di bawah 0°

Kesimpulan

Benua Antartika merupakan benua yang hanya mempunyai satu musim saja yaitu musim salju yang abadi sepajang tahu. Sehingga dengan adanya hal itu tidak sesuai dengan makhluk hidup untuk tinggal di wilayah tersebut Hanya terdapat satu vegetasi saja yang mampu hidup pada lingkungan yang mempunyai suhu di bawah 0°. Selain itu Benua Antartika juga tidak mendapatkan sinar matahri yang tinggi yang membaut kadar airnya membeku dan menjadi salju.
Share This Article :
2150015116394843804