NqV8NWZcMGVcMqN4MWt9NatdMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

CIRI KHAS FLORA DAN FAUNA PADA EKOSISTEM PADANG RUMPUT

Ciri Khas Flora Dan Fauna Pada Ekosistem Padang Rumput - Jika dilihat dari segi namanya ekosistem padang rumput merupakan ekosistem yang terjadi di daerah padang rumput. Sehingga pastinya yang berinteraksi adalah organisme-organisme di padang rumput dengan komponen biotik dan abiotik yang berada dilingkungannya. Ekosistem padang rumput merupakan ekosistem daratan (terestial) yang terbentuk secara alami. Nama lain dari ekosistem padang rumput seringkali disebut juga dengan grassland (stepa).
Ciri Khas Flora Dan Fauna Pada Ekosistem Padang Rumput
Ekosistem padang rumput

Ekosistem padang rumput tentunya juga berupa hamparan rumput yang hijau sehingga pada pandangan yang melihat akan memberikan kesan kesegaran dan kedamaian. Ekosistem padang rumput hanya akan berada di daerah yang memiliki iklim tropis seperti di Indonesia. Terdapat banyak sekali ekosistem didalamnya khusus pada daerah-daetah tertentu yang kemungkinan terdapat rumput. Contoh dari daerah yang memiliki padang rumput yaitu di bagian timur yaitu daerah Nusa Tenggara Timur (NTT).


Ciri – Ciri Ekosistem Padang Rumput Sehingga Berbeda Dengan Ekisistem Lainnya

1. Berada di hamparan lahan yang datar (sedikit berbukit kecil) Ekosistem padang rumput pada umumnya berada dihamparan rumput pada umumnya bersifat datar dan berbukit-bukit kecil. Akan ada banyak sekali macam spesias rumput dan setidaknya akan ada sekitar 4.500 spesies rumput.

2. Membentang daerah tropis ke subtropis Letak astronominya yaitu garis ekuator hingga 23.5o yang berada di garis lintang utara dan lintang selatan.

3. Curah hujan sekitar 90 sampai 150 cm dalam setiap tahun Curah hujan pada ekosistem ini tergolong rendah yaitu sekitar 90-150 cm per-tahun. Pola persebaran curah hujannya juga tidak teratur sehingga menyebabkan porositas dan drainase kurang baik yang berdampak pada sulitnya tumbuhan untuk mendapatkan air.

4. Penguapan Tinggi Tingkat penguapan dan evaporasi tergolong tinggi sehingga menyebabkan kelembapan tahan menjadi rendah.

5. Sering terjadi kekeringan parahKarena curah hujannya rendah dan penyebaran yang tidak teratur sehingga berdampak juga pada kekeringan.

6. Dominasi hewan herbivora dan karnivora Binatang yang hidup pada ekosistem padang rumput sebagian besar yaitu herbivora dan karnivora. Contohnya zebra, kuda, harimau dll.

7. Suhunya mirip dengan hutan gugur

8. Tanah tidak mampu menyimpan air dengan baik Karena rendahnya tingkat pororsitas pada tanah dan sistem penyaluran yang juga kurang baik sehingga tanah tidak dapat menyimpan air dengan baik. Hal ini juga menyebabkan tumbuhnya rumput dengan subur.

9. Memiliki pohon yang khas seperti akasia Pohon khas yang dimiliki oleh ekosistem padang rumput yitu pohon akasia.


Flora Dan Fauna Pada Ekosistem Padang Rumput

Khas flora dan fauna yang berada pada ekosistem padang rumput berbeda dengan flora dan fauna yang hidup pada gurun. Berikut penjelasannya:


Flora

Flora pada padang rumput tentunya didominasi oleh rumput dan spesies lainnya. Karena curah hujan yang tergolong rendah sehingga juga menyebabkan sedikitnya pepohonan yang dapat hidup. Seringkali di katakan sebagai ekosistem padang rumput karena hanya rumputlah yang dapat bertahan hidup.


Fauna

Selain flora ada juga fauna pada ekosistem padang rumput yang juga memiliki khas tersendiri. Dominasi fauna yang hidup yaitu fauna herbivora seperti contoh Rusa, gajah jerapah dll. Ada juga fauna karnivora seperti harimau, singa dll.

Kesimpulan

Ekosistem padang rumput merupakan hamparan dari luasnya tumbuhan hijau berupa rumput. Iklim pada ekosistem ini yaitu memiliki iklim tropis. Salah satu ciri khas dari ekosistem padang rumput yang membedakan dari yang lainnya yaitu Curah hujan sekitar 90-150 cm per-tahun. Flora pada ekosistem ini hanya berupa padang rumput saja karena sulitnya tanaman lain untuk tumbuh. Sedangkan Fauna yang ada lebih banyak didominasi hewan herbivora dan karnivora.
Share This Article :
Admin

2150015116394843804