NqV8NWZcMGVcMqN4MWt9NatdMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

LATIHAN SOAL ULANGAN BAB SUHU DAN KALOR KELAS 7 SMP

Latihan Soal Suhu dan Kalor Kelas 7 SMP - Semangat pagi!. Hallo sahabat Windows-Fisika, pada hari ini saya membagikan postingan artikel saya khususnya Soal Ulangan Suhu dan Kalor. 


Bab suhu dan kalor biasanya anda pelajari di kelas 7 SMP dan kelas 10 SMA. Suhu dan kalor merupakan salah satu materi penting di fisika yang wajib shobat pahami. Sebelum masuk ke soal latihan, saya akan mereview sedikit mengenai poin penting dalam materi suhu dan kalor kelas 7 SMP.

Soal Ulangan Fisika Bab Suhu dan Kalor Kelas 7 SMP

Suhu adalah merupakan besaran fisika yang menyatakan derajad pana atau dinginnya suatu benda. alat yang kita gunakan untuk mengukur suhu adalah termometer. Termometer biasa terisi dari cairan raksa. Satuan suhu dalam satuan internasional yaitu Kelvin (K). Dalam bab suhu biasa akan menghitung koversi suhu dimana kita pelajai ada 4 skala suhu yaitu kelvin (K), Celcius (C), Reamur (R) dan Fahreinheit (F). Salah satu cara belajar suhu dan kalor dengan mudah adalah dengan menguasai konversi suhu terlebih dahulu, akrena itu akan sangat membantu shobat semua dalam mengerjakan soal-soal di bawah.

suhu dan kalor

Kalor adalah salah satu bentuk energi yang dapat diterima ataupun dilepaskan oleh suatu benda. Satuan kalor adalah Joule (J). 1 joule sama dengan 0,00024 kalori.


Berikut konversi satuan joule:

konversi satuan joule

Petunjuk Pengerjaan Soal

1. Soal Terdiri dari 10 soal essay
2. Bacalah soal dengan teliti
3. Pilihalh jawaban yang menurut anda paling tepat dan benar
4. Apabila ada soal atau tulisan yang salah silahkan laporkan kepada pengawas ujian
5. tuliskan jawaban anda beserta caranya di selembar kertas kosong
6. waktu pengerjaan 60 menit
7. Teliti dan periksa kembali jawaban anda sebelum dikumpulkan kepada pengawas
8. kumpulkan lembar jawaban beserta lembar cara pengerjaaan kepada pengawas


Agar anda bisa memahami isi soal ulangan dan bagaimana cara mengerjakan soal IPA tersebut. Coba anda pahami terlebih dahulu petunjuk pengerjaan soal, detil soal ulangan lalu mulailah mengerjakan tahap demi tahap.

Soal Essay Bab Suhu dan Kalor


1. Satuan SI dari kalor adalah ............................................

2. Sebutkan perubahan wujud yang membebaskan kalor adalah ...............................

3. Kalor yang diperlukan ketika 4 kg oksigen cair menguap pada titik didihnya adalah ........... (kalor laten lebur oksigen adalah 215 kJ/kg)

4. Mengapa di permukaan gelas yang berisi air es terasa basah dibagian luarnya? Jelaskan!..................................................................

5. Titik didih air di pegunungan dibandingkan dengan titik didih air di daearah pantai adalah...................................................

6. Sebuah tangki mengandung 60 kg air bersuhu 20°C. Pemanas listrik dijalankan sampai air memiliki suhu 70°C. Maka tentukan :
   a. Banyaknya kalor yang diperlukan
   b. Jika pemanas listrik memiliki daya 50W. Berapa waktu untuk memanaskan air tersebut?

7. Berapa banyak kalor yang diperlukan untuk mengubah 50 gram air pada suhu 90°C menjadi uap pada suhu 100°C. (kalor jenis air 4200 j/kg °C, kalor uap 2 260 000 J/kg)

8. Sebuah pemanas listrik kecil dengan rating 24 W dimasukan kedalam suatu balok es besar pada 0°C. Setelah pemanas dijalankan 672 s, didapat 48 g es telah melebur menjadi air pada 0°C. Hitung kalor lebur es.

9. Es bermassa 350 g dengan suhu mula-mula -10°C dipanaskan dengan kalor sebanyak 107,55 kJ. Banyaknya es yang mencair adalah .....................................

10.  Sepotong besi panas bermassa 1000 g dimasukkan ke dalam air 50°C. Setelah beberapa saat suhu besi turun menjadi 80°C. Jika diketahui massa air 112 g dan kalor jenis besi 0,21 kal/g°C. Berapakah suhu mula-mula besi tersebut?

Soal Tantangan Bab Suhu dan Kalor


1. Termometer X yang telah ditera menunjukkan angka -30 pada titik beku air dan 90 pada titik didih air. Suhu 600X sama dengan ….0C

2. Panjang sebatang platina pada suhu 0o C = 1 meter, dan pada suhu 80o C = 100,072 cm. Hitung koefisien muai panjang platina

3. Sebuah bejana 5 liter, 98% volumenya diisi dengan alkohol yang suhunya 10°C kemudian dipanaskan menjadi 70°C tentukan volume alkohol yang tumpah jika koefisien muai panjang bejana 1,1 x 10-6 /°C dan koefisien muai volume alkohol 

4. Sepotong alumunium yang bermassa 500 gram bersuhu 100°C dimasukkan ke dalam bejana berisi air 250 gram pada suhu 20°C. Bejana terbuat dari alumunium yang mempunyai kapasitas panas 90 J/K, kalor jenis alumunium 900 j/ kg k dan kalor jenis air 4200 J/kg K. Tentukan suhu akhir kesetimbangan
          
5. 2 kg es bersuhu -5 °C akan di rubah menjadi uap air bersuhu 120°C. Tentukan banyaknya kalor yang diperlukan jika kalor jenis es 2100 J/kg K, kalor lebur es 334000 J/kg, kalor jenis air 4200 J/kg K, kalor uap 2260000 J/kg dan kalor uap 2100 j/kg K.

Penutup

Demikian postingan latihan soal fisika bab suhu dan kalor, mudah-mudahan latihan soal yang saya berikan bisa bermanfaat buat sobat semua sehingga fisikanya semakin terasah. Sampai jumpa di postingan artikel latihan soal kelas 7 lainnya. Selamat mencoba dan mengerjakan, jangan lupa kerjakan juga soal-soal fisika lainnya. 

Jika sobat suka dengan artikel ini silahkan bagikan ke teman-teman. Jika sobat menemukan kesalahan pada soal di atas silahkan komentar di bawah. 
Share This Article :
Admin

2150015116394843804