NqV8NWZcMGVcMqN4MWt9NatdMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

SOAL ULANGAN FISIKA BAB LISTRIK DINAMIS FISIKA KELAS 9 SMP

Soal ulangan fisika bab listrik dinamis kelas 9 - Semangat pagi!. Hallo sahabat Windows-Fisika, pada kesempatan kali ini saya membagikan postingan artikel saya khusunya soal fisika SMP kelas 9. Pada postingan sebelumnya saya sudah membagikan soal latihan listrik statis. silahkan klik disini Soal Listrik Statis.

Materi listrik dinamis biasa dipelajari di kelas 9 semester satu atau semester ganjil. Materi ini masih ada kaitannya dengan materi listrik statis. Jika pada listrik statis anda diminta untuk menghitung muatan listrik, gaya coulomb dan medan listrik, maka pada bab listrik dinamis anda diminta untuk menghitung besarnya arus yang mengalir pada suatu rangkaian listrik, beda potensial listrik, hambatan listrik, usaha dan daya listrik. 

SOAL ULANGAN FISIKA BAB LISTRIK DINAMIS FISIKA KELAS 9 SMP

Sebelum anda memulai untuk mengerjakan soal listrik statis maka alangkah baiknya anda juga sedikit mereview materi ini dengan membaca kembali buku anda khusunya bab listrik dinamis.Jika sudah, silahkan mencoba soal latihan ini. Selamat mencoba!

Latihan Soal Listrik Dinamis Kelas 9 SMP Semester 1


Agar anda bisa memahami isi soal ulangan listrik dinamis dan mengetahui cara mengerjakan soal tersebut. Coba anda pahami terlebih dahulu petunjuk pengerjaan soal, detil soal ulangan lalu mulailah mengerjakan tahap demi tahap.

A. Petunjuk Pengerjaan Soal

1. Soal Terdiri dari 14 soal essay
2. Bacalah soal dengan teliti
3. Pilihalh jawaban yang menurut anda paling tepat dan benar
4. Apabila ada soal atau tulisan yang salah silahkan laporkan kepada pengawas ujian
5. tuliskan jawaban anda beserta caranya di selembar kertas kosong
6. waktu pengerjaan 90 menit
7. Teliti dan periksa kembali jawaban anda sebelum dikumpulkan kepada pengawas

8. kumpulkan lembar jawaban beserta lembar cara pengerjaaan kepada pengawas

B. Soal Essay LIstrik Statis

1.   Besar hambatan dalam sebuah elemen 0,8 Ω, kedua kutub elemen dihubungkan dengan penghantar yang hambatannya 7,2 Ω. Besar kuat arus yang mengalir pada penghantar itu 750 mA. Hitung besar ggl elemen tersebut!

2.  Sebuah sumber tegangan mempunyai ggl 2,4 volt dan hambatan dalam 1,6 Ω. Berapakah besar hambatan kawat penghantar yang harus dihubungkan pada kedua kutub sumber tegangan tersebut agar menghasilkan kuat arus yang mengalir pada penghantar sebesar 0,15 A!

3.    Elemen dengan ggl 1,8 volt dan hambatan dalam 0,6 Ω, kedua kutubnya dihubungkan dengan penghantar. Kuat arus listrik yang mengalir pada penghantar itu 500 mA. Hitung besar tegangan jepit elemen tersebut/?

4.  Sebuah baterai mempunyai ggl 12 volt digunakan untuk menyalakan lampu yang hambatannya 13,5 Ω. Tegangan jepit elemen tersebut 10,8 volt.
a.       Berapakah besar kuat arus listrik yang mengalir pada lampu?
b.      Hitung besar hambatan dalam baterai!
 


5.       Perhatikan rangkaian berikut!
       Hitung :

a.       Hambatan total rangkaian!
b.      Besar kuat arus yang mengalir!
c.       Besar tegangan jepit!




6.   Sebuah elemen dengan ggl 3,2 volt dan hambatan dalam 1 Ω, kedua kutub elemen dihubungkan dengan penghantar yang panjangnya 28 m dengan penampang 0,42 mm2 dan hambatan jenis penghantar 0,225 Ω mm2/m. Hitunglah :
a.       besar hambatan kawat penghantar!
b.      Kuat arus listrik yang mengalir pada penghantar!
c.       Besar tegangan jepit elemen!

7.   Sebuah sumber tegangan dengan ggl 4 volt dan hambatan dalam 0,8 Ω, kedua kutub elemen dihubungkan dengan kaeat yang panjangnya 27 m dengan penampang 0,48 mm2. Besar tegangan jepit sumber tegangan 3,6 volt. Hitunglah :
a.       besar kuat arus listrik yang mengalir pada penghantar!
b.      berapa besar hambatan penghantar!
c.       besar hambatan jenis kawat penghantar!

8.    Ggl sebuah baterai 4,8 volt dengan hambatan dalam 0,5 Ω. Kedua kutub dihubungkan dengan kawat yang berpenampang 0,21 mm2 dan mempunyai hambatan jenis 0,105 Ω.mm2/m. Dalam waktu 4 menit banyaknya muatan listrik yang mengalir melalui penghantar itu 144 C. Hitung:
a.       kuat arus listrik yang mengalir pada penghantar!
b.      besar hambatan penghantar!
c.       tegangan jepit baterai!
d.      panjang kawat penghantar yang diperlukan!

9.     Delapan buah elemen masing-masing dengan ggl 1,5 volt dan hambatan dalam 0,5 Ω disusun seri. Kedua kutub elemen dihubungkan dengan alat yang hambatannya 16 Ω. Tentukan:
a.       Ggl total elemen!
b.      Hambatan dalam total  elemen!
c.       Besar kuat arus listrik yang mengalir!
d.      Tegangan jepit rangkaian!
e.       Besar ggl yang hilang!

10. elemen  masing-masing mempunyai ggl dan hambatan dalam yang sama besarnya, elemen-elemen itu dirangkai seri. Jika kedua kutub elemen dihubungkan dengan penghantar yang hambatannya 24 Ω, maka kuat arus yang mengalir besarnya 0,6 A. Tetapi jika kedua kutub jika kedua kutub elemen tersebut dihubungkan dengan penghantar yang hambatannya 6 Ω, maka kuat arus yang mengalir besarnya 1,5 A. Hitunglah :
a.       besar hambatan dalam tiap elemen!
b.      Hambatan dalam total elemen!
c.       Besar ggl tiap elmen!
d.      Ggl total elemen!

11. Elemen masing-masing dengan hambatan dalam 0,2 Ω dirangkai seri, rangkaian elemen digunakan untuk menyalakan lamapu yang hambatannya 17,6 Ω. Besar kuat arus listrik yang mengalir pada lampu 1,5 A. Hitung:
a.       Besar ggl tiap elemen!
b.      Ggl total elemen!
c.       Hambatan dalam total elemen!
d.      Besar tegangan jepit rangkain!
e.       Ggl yang hilang!

12. Beberapa elemen masing-masing dengan ggl 2,4 volt dan hambatan dalam 0,5 Ω disusun seri, rangkaian elemen digunakan untuk menyalakan lampu yang hambatannya 20 Ω. Kuat arus yang mengalir pada rangkaian 800 mA. Tentukan:

a.       Banyaknya elemen!
b.      Ggl total elemen!
c.       Hambatan dalam total elemen!
d.      Tegangan jepit rangkaian!
e.       Ggl yang hilang! 

13. Sembilan elemen masing-masing dengan ggl 1,5 volt disusun seri, kedua kutub elemen dihubungkan dengan kawat yang panjangnya 27 m dengan penampang 0,72 mm2. Besar hambatan jenis kawat 0,288 Ω mm2/m dan kuat arus listrik yang mengalir pada rangkaian sebesar 0,75 A. Tentukan :

a.       Besar hambatan kawat!
b.      Hambatan dalam tiap elemen!
c.       Ggl total elemen!
d.      Besar hambatan daam total elemen!
e.       Tegangan jepit rangkaian!
f.       Ggl yang hilang!

14. 2 buah elemen masing-masing dengan ggl 1,2 volt dan hambatan dalam 1,25 Ω disusun seri, rangkaian elemen digunakan untuk radio. Kuat arus yang diperlukan besarnya 360 mA. Hitung:
a.       Besar hambatan radio!
b.      Tegangan jepit rangkaian!
c.       Ggl yang hilang!
    

C. Penutup

      Demikian postingan latihan soal fisika listrik dinamis, mudah-mudahan artikel soal essay listrik dinamis bisa memberi manfaat untuk anda semua. Sampai jumpa di postingan artikel latihan soal fisika lainnya. Selamat mencoba dan mengerjakan, jangan lupa kerjakan juga soal-soal fisika lainnya. 


      Jika anda suka dengan artikel ini silahkan bagikan ke teman-teman anda. Jika anda memiliki sudut pandang lain mengenai artikel di atas silahkan komentar di bawah dan mari kita diskusikan dengan baik.
Share This Article :
Admin

2150015116394843804