NqV8NWZcMGVcMqN4MWt9NatdMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

MATERI FISIKA KELAS 11 SMA ANALISIS VEKTOR, VEKTOR POSISI, KECEPATAN & PERCEPATAN

ANALISIS VEKTOR, VEKTOR POSISI, KECEPATAN & PERCEPATAN - Selamat datang di blog windows fisika. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan postingan Materi Vektor, Vektor Posisi, Kecepatan dan Percepatan. Jika kamu sebelumnya sudah belajar di kelas 10 materi vektor, maka akan sangat mudah buat kamu menguasai materi gerak dengan analisis vektor. karena basik dari materi vektor yang kamu pelajari sebelumnya di kelas 10 sudah kamu kuasai dengan baik.

Materi Gerak dengan Analisis Vektor Kelas 11 SMA


a.      Pengertian Vektor

Vektor adalah jenis besaran yang mempunyai besar dan nilai. Artinya besaran yang hasil pengurangannya bergantung pada system koordinatnya. 
MATERI FISIKA KELAS 11 SMA ANALISIS VEKTOR, VEKTOR POSISI, KECEPATAN & PERCEPATAN
Contoh besaran vektor yaitu gaya, kecepatan, percepatan, pergeseran dan lain-lain. Vektor dilukiskan sebagai anak panah mempunyai titik tangkap adalah tempat permukaan vektor itu bekerja.

b.      Vektor satuan

Vektor satuan adalah suatu vektor yang besarnya satu, tanpa satuan, serta arahnya sepanjang sumbu koordinat. Untuk system koordinat cartesius, vektor-vektor satuan ini arahnya sepanjang sumbu, x, y dan z.

C.      Vektor Posisi


Vektor posisi adalah suatu vektor yang menyatakan posisi enda pada suatu bidang atau ruang. Posisi pada bidang datar dapat dinyatakan oleh vektor posisi r, yaitu vektor yang ditarik dari titik asal sampai keposisi benda itu. Perhatikan gambar berikut ini:
Vektor posisi titik P (x,y) dapat dituliskan sebagai berikut:
    R = xi + yj                   
Besar (panjang) vektor posisi dinyatakan sebagai berikut:

          
jika α adalah sudut antara sumbu x dan r, maka dapat dituliskan:
tan α = x/y                       

dalam gerak lurus, perpindahan didefinisikan sebagai perubahan kedudukan suatu benda dari titik awal ke titik akhir. Misalnya suatu partikel pada saat t1 posisi benda di P (x1,y1) dengan vektor posisi r1. Setelah beberapa saat kemudian, saat benda sampai di Q (x2,y2) dengan vektor posisi r2. Sehingga vektor dapat ditarik dari P ke Q yaitu ∆r dapat dituliskan sebagai berikut:



v  Kecepatan



Kecepatan dapat didefinisikan sebagai besarnya jarak yang ditempuh tiap satuan waktu. Satuan kecepatan yaitu m/s. kecepatan merupakan besaran vektor. Artinya kecepatan mempunyai nilai dan arah.

Perhatikan ilustrasi berikut ini.



“ arif pergi kesekolah setiap hari mengendarai sepeda motor. Jarak tempuh dari rumah dan sekolahnya yaitu 12 km. arif memerlukan waktu 20 menit untuk tiba disekolah. Berapakah kecepatan arif ketika mengendarai kendaraan?”


Kita dapat menganalisisnya berdasarkan informasi diatas. Mari kita hitung bersama berapa kecepatan arif dalam bersepda motor ketika bersekolah.
Perhatikan baik-baik penjelasan berikut ini:
Bila kecepatan didefinisikan sebagai besarnya jarak yang ditempuh tiap satuan waktu. Maka dapat kita hitung sebagai berikut:
Diketahui: Jarak : 12 km = 12.000 meter
                  Waktu : 20 menit = 20 x 60 detik = 1.200 detik
Ditanya: kecepatan..?
Solusi : Kecepatan = Jarak/Satuan waktu  
                               = 12.000 meter/1200 detik  = 10 m/s



a    Kecepatan rata-rata


Yaitu hasil bagi perpindahan dengan selang waktu. Secara matematis dapat kita tuliskan:
Dimana: r2 adalah p[osisi pada saat t= t2 dan r1 adalah posisi pada saat t= t1.

a      Kecepatan Sesaat

Kecepatan sesaat didefinisikan sebagai kecepatan rata-rata untuk selang waktu (t2-t1) mendekati nol. Secara matematis kita dapat tuliskan:
Pada gerak dua dimensi dimana r= xi + yj, sehingga persamaannya menjadi:
Dari rumus tersebut dapat kita tuliskan persamaan untuk mencari kecepatannya yaitu:

v  Percepatan rata-rata

Percepatan rata-rata yaitu perubahan kecepatan tiap satuan waktu. Secara matematis percepatan rata-rata dirumuskan sebagai berikut:
Dimana, v2 adalah kecepatan pada saat t dan v1 adalah kcepatan pada saat t1.

v  Percepatan sesaat

Percepatan sesaat dapat kita definisikan  sebagai percepatan rata-rata untuk selang waktu mendekati nol. Secara mate-matis dapat kita tulis:
jika, v = dv/dt maka, kita dapat tuliskan secara lengkap:
Share This Article :
Admin

2150015116394843804