NqV8NWZcMGVcMqN4MWt9NatdMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

MATERI FISIKA SMA KELAS 10 GERAK LURUS BERATURAN (GLB)

MATERI FISIKA SMA KELAS 10 GERAK LURUS BERATURAN (GLB)

GERAK LURUS BERATURAN (GLB)

Pernahkah anda mengedarai sepeda motor pada jalan yang lurus dengan kecepatan konstan/tetap. Misalnya anda pergi kesekolah dengan mengendarai sepeda motor dari rumah bergerak lurus dengan kecepatan tetap 70 km/jam. Bagaimakah hubungan kejadian dalam kehidupan sehari-hari dengan materi gerak lurus beraturan. lebih lanjut. kita akan mempelajarinya disini.
Gerak Lurus Beraturan yaitu Gerak benda titik yang membuat lintasan  berbentuk garis lurus
dengan sifat bahwa jarak yang ditempuh tiap satu satuan waktu tetap baik arah maupun besarnya. Jadi dapat juga dikatakan bahwa gerak lurus beraturan adalah gerak suatu benda dengan lintasan lurus dimana nilai kecepatannya tidak berubah atau tetap terhadap waktu. Gerak lurus beraturan nilai percepatannya nol karena kecepatannya tetap. Mengapa hal ini terjadi? Perhatikan baik-baik penjelasan dibawah ini:
Jika, v bernilai konstan (tidak bergantung pada waktu), maka turunan terhadap waktunya nol:

hal inilah yang menjadi ciri khusus dari GLB yang perlu anda ingat bahwa nilai percepatan (a) sama dengan nol. Sehingga dalam hal ini berlaku:

hal inilah yang menjadi ciri khusus dari GLB yang perlu anda ingat bahwa nilai percepatan (a) sama dengan nol. Sehingga dalam hal ini berlaku:
                                                 dr = v. dt                                                                         
kita dapat samakan r = s

Dengan:
v = kecepatan benda (m/s)
s = jarak (m)
t = waktu tempuh benda (s)
bila kita lihat dalam kuva maka kurva untuk GLB adalah sebagai berikut:


CATATAN
“ ketika kita melakukan integrasi v terhadap dt, maka v keluar dari integrasi karena kita menganggap nilai v konstan yang merupakan cirri utama BLG. Namun, hal ini tidak berlaku untuk GLBB karena nilai v tidak konstan dan berubah menurut waktu”

Contoh Soal
Sebuah sedan mula-mula diam kemudian melaju dengan kecepatan konstan 90 km/jam. Berapakah jarak yang ditempuh sedan tersebut dalam waktu 10 menit?

Analisa:
V = 90 km/jam = 90. 1000 m/ 3600 s = 90.000m/3600 s = 25 m/s
t = 10 menit = 10. 60 s = 600 s

Solusi:
S = v. t
   = 25 m/s . 600 s
   = 15.000 meter atau 15 km
Jadi, jarak yang ditempuh sedan tersebut yaitu sebesa 15.000 meter atau 15 km

Latihan Soal GLB!

1. Sebuah sedan mula-mula diam kemudian melaju dengan kecepatan konstan 120 km/jam. Berapakah jarak yang ditempuh sedan tersebut dalam waktu7,5 menit?

2. Sebuah kereta api melaju dengan kecepatan konstan 180 km/jam. jarak yang ditempuh kereta dari semarang menuju Jakarta 12000 km. pada pukul berapakah kereta tiba di Jakarta apabila kereta dari semarang pukul 17.00 wib?

3. Sebuah kereta berangkat pukul 07:00 dari gambir dan tiba di bandung pukul 10:00, Jika jarak Gambir dengan Bandung adalah 150 km. Maka berapakah kecepatan kereta?

4. Seorang siswa berjalan dari rumah ke sekolah dengan kecepatan 10 km/jam. Jika jarak sekolah ke rumahnya adalah 2 km. maka berapakah waktu tempuhnya?

5. Jika nelayan mendayung perahu ke arah barat sejauh 1 km, lalu berbalik arah sejauh 500 meter dengan total waktu 20 menit. berapakah kecepatan dan kelajuan perahu tersebut?
Share This Article :
Admin

2150015116394843804