NqV8NWZcMGVcMqN4MWt9NatdMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

MATERI FISIKA KELAS 10 SMA GERAK DENGAN ANALISIS VEKTOR

MATERI FISIKA KELAS 10 SMA GERAK DENGAN ANALISIS VEKTOR


GERAK DENGAN ANALISIS VEKTOR




v  Standar Kompetensi  :
1.      Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik

v  Kompetensi Dasar  :
1.1   Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan menggunakan vektor 

v  Indikator  :
1.      Menganalisis besaran perpindahan, kecepatan dan percepatan pada perpaduan gerak lurus dengan menggunakan vektor
2.      Menganalisis besaran kecepatan dan percepatan pada gerak melingkar dengan menggunakan vektor
3.      Menganalisis besaran perpindahan dan kecepatan pada gerak parabola dengan menggunakan vektor
4.      Menganalisis vektor percepatan tangensial dan percepatan sentripetal pada gerak melingkar

v  Tujuan Pembelajaran  :
5.      Siswa dapat menganalisis besaran perpindahan, kecepatan dan percepatan pada perpaduan gerak lurus dengan menggunakan vektor
6.      Siswa dapat menganalisis besaran kecepatan dan percepatan pada gerak melingkar dengan menggunakan vektor
7.      Siswa dapat menganalisis besaran perpindahan dan kecepatan pada gerak parabola dengan menggunakan vektor
8.      Siswa dapat menganalisis vektor percepatan tangensial dan percepatan sentripetal pada gerak melingkar

NARRASI

Dalam Kehidupan sehari-hati tentu kita telah melihat berbagai macam fenomena gerak. Berbagai macam gerak tersebut yang biasa kita lihat adalah gerak lurus seperti sebuah mobil yang bergerak dengan lintasan lurus. Gerak melingkar seperti saat kita bermain biang lala dan gerak parabola saat kita bermain tolak peluru atau lempar lembing.
Jika kita mau menganalisa kejadian-kejadian diatas pasti takkan terasa sulit bagi kita untuk mempelajari materi fisika tentang gerak dengan analisis vektor. Waktu kelas sepuluh tentu kita sudah mempelajari apa itu vektor dan apa itu scalar. Mari kita kembali mengingat-ngingat apa itu vektor.
Besaran Vektor adalah besaran yang memiliki arah dan bergantung pada arah. Jadi, jika kita definisikan dengan gerak dengan analisis vektor adalah sebuah gerak yang memiliki nilai dan arah.
Untuk mempelajari materi ini yang perlu anda ketahui adalah kata kunci yang sudah tertera diatas. Pahami maksud dari setiap definisi dari kata kunci diatas. Karena rumus-rumus yang ada dalam fisika merupakan turunan dari sebuah persamaan yang diambil dari defiini yang ada dalam besaran-besaran fisika.
Dalam mempelajari sebuah gerak dalam fisika tentu tidak terlepas dari kata gerak, kecepatan, percepatan, percepatan sesaat dan waktu. Selain itu juga materi ini juga menganalisa gerak lurus beraturan (GLB), Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB), gerak parabola dan gerak melingkar.  Untuk dapat memahami materi ini maka cermatilah setiap definisi-definisi dari besaran fisis yang ada kemuudia terapkan dalam persamaan matematis.
Sebelum kita lebih lanjut masuk kedalam materi. Mari kita sejenak menganalisa kejadian dibawah ini dengan mengggunakan logika dan matematika sederhana. Perhatikan gambar kereta dibawah ini dan cobalah menganalisa berdasarkan kemampuan anda semua.

Brain Storming!!
Sebuah Kereta Api dari semarang menuju ke surabaya bergerak dengan kecepatan rata-rata 500 km/jam. Jika pesawat itu tiba di Surabaya dalam waktu 240 menit, berapakah jarak tempuh kereta api tersebut?

Pasti semua sudah bisa menganalisa bukan fenomena diatas secara mudah?. Jika kita mau menganalisa dan mencobanya pasti tidak akan terasa sulit untuk mempelajari materi ini. Orang bijak pernah mengatakan bahwa “ jangan pernah menyerah sebelum anda mencoba dan berhasil”. Jadi mari kita pelajari materi ini dan mencobanya hingga berhasil. Karena materi gerak ini sangat berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga ini tentu cukup penting bagi kita semua mempelajari dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
Share This Article :
Admin

2150015116394843804