NqV8NWZcMGVcMqN4MWt9NatdMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

FENOMENA FISIKA : BATERAI KENTANG

FENOMENA FISIKA: BATERAI KENTANG

BATERAI KENTANG


Dalam kehidupan sehari-hari pasti kita sering menjumpai salah satu bahan makan yang satu ini. Kentang biasa digunakan untuk makanan dengan cara di goreng, di rebus atau yang lainnya. Di desa-desa kentang dijadikan sebagai sumber makanan karena mengandung banyak karbohidrat. Karbohidrat yang kita makan digunakan oleh tubuh kita sebagai sumber energi. Energy itu digunakan untuk beraktivitas sehari-hari seperti bekerja, pergi ke sekolah, belajar dan lainnya. Lalu apa yang menarik dari kentang tersebut? Mari kita analisa dengan fisika karena memang hidup kita sebenarnya tidak jauh-jauh dengan yang namanya fenomena fisika. Secara umum kentang memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi sehingga digunakan sebagai bahan pokok makanan bagi manusia. Akan tetapi, ada sesuatu yang harus kita ketahui bahwa kentang dapat menghasilkan tenaga listrik.   

Bagaimana bisa kentang bias menghasilkan tenaga listrik? 

Jawabannya adalah ketika kentang masih dalam keadaan segar maka kentang dapat menghasilkan tenaga listrik dengan cara menghubngkan beberapa kentang dengan elektroda positif dan elektroda negatif menggunakan lempengan seng dan lempengan tembaga. Ketika lempengan tersebut dihubungkan ke dalam kenang maka cairan dalam kentang melakukan reaksi elektrolisis dengan kedua elektroda tersebut sehingga menghasilkan arus listrik. Arus listrik yang dihasilkan memang kecil akan tetapi sangat menarik bukan kalau kita mengetahui sisi lain dari kentang yang biasa kita makan.  

Mari kita Membuat lampu LED hidup dengan menggunakan kentang sebagai sumber listriknya. 

Pertama mari kita siapkan-bahan-bahannya sebagai berikut: Alat dan Bahan: Kentang 5 buah Beberapa Lempengan tembaga dan seng Kabel pengubung Lampu LED multimeter 

Cara kerja: 

Tusukkan seng dan tembaga seperti gambar berikut Susun rangkaiannya dan hubungkan kentang satu dengan yang lain dengan menggunakan kabel penghubung yang sudah disiapkan Hubungkan kedua kaki LED untuk yang negative dengan elektroda negative dan yang positif dengan elektroda positif Amati pada lampu LED Gunakan multimeter untuk mengecek kuat arus yang dihasilkan Nah, sekarang kalian sudah tahu kan rahasia dari kentang yang sering kita makan dalam kehidupan sehari-hari. Didalam kentang ternyata memiliki kandungan energy yang bias kita gunakan untuk menyalakan lampu LED. Jadi, mari kita belajar fisika dari apa yang sering kita jumpai  dalam kehidupan sehari-hari.
Share This Article :
Admin

2150015116394843804