NqV8NWZcMGVcMqN4MWt9NatdMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

BIOGRAFI FISIKAWAN JOHANES KEPLER

BIOGRAFI FISIKAWAN JOHANES KEPLER

BIOGRAFI JOHANES KEPLER


Johanes Kepler (27 Desember 1571 – 15 November 1630)

Nama : Johanes Kepler

Lahir : 27 Desember 1571 – 15 November 1630
Asal Negara : Jerman
Bidang : Matematikawan, astronom dan astrolog
Karya : Astronomia Nova, Harmonices Mundi dan epitome of Copernican Astronomy
Penemuan : Teleskop Bias”

Kita perlu tahu bahwa dia adalah tokoh penting dalam revolusi sains di abad 17. Dia terkenal dengan hukum fisika tentang gerak planet yang di yang didodifikasi oleh para astronom sesudahnya berdasarkan tulisan-tulisannya. Tulisan-tulisan tersebut juga mendasari salah satu teori Newton tentang gravitasi universal.
Selama karirnya ia menjadi guru matematika di sekolah seminari di Graz, Austria. Ia pernah menjadi asisten astronom Tycho Brahe, penasehat matematika untuk kaisar Rudof II, guru matematika di linz, Austria dan penasehat untuk jendral Walleinstein. Ia juga menghasilkan beberapa karya dibidang optic dan membantu pengesahan penemuan teleskop oleh pendahulunya Galileo Galilei.
Kepler hidup pada zajam dimana tak ada perbedaan yang jelas antara astronomi dan astrologi. Tetapi terdapat perbedaan yang jelas antara astronomi (suatu cabang matematika sebagai ilmu bebas) dan fisika (sebagai ilmu alam). Ia juga menyatukan pendapat religious dan penalaran kedalam tulisannya. Termotivasi oleh pendapat bahwa tuhan menciptakan dunia berdasarkan rencana yang bisa dimengerti oleh penalaran manusia normal. Ia mendeskripsikan ilmu astronomi yang baru itu sebagai “fisika angkasa”, sebagai bentuk lain dari metafisika karya
aristoteles dan sebagai suplemen dari karya Aristoteles lain berjudul “on The Heaven”. Dengan melakukan transformasi tradisi kuno kosmologi fisik dengan menganggap astronomi sebagai bagian dari matematik.
Share This Article :
Admin

2150015116394843804