NqV8NWZcMGVcMqN4MWt9NatdMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

MATERI FISIKA HUKUM I NEWTON : APLIKASI HUKUM I NEWTON PADA SABUK PENGAMAN MOBIL

MATERI HUKUM I NEWTON : APLIKASI HUKUM I NEWTON  PADA SABUK PENGAMAN MOBIL

APLIKASI HUKUM I NEWTON 

PADA SABUK PENGAMAN MOBIL


SABUK MOBIL JUGA PAKAI FISIKA (INERSIA) dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya kita sering menjumpai atau bahwkan melakukan yang namanya hukum Newton. Kalian pasti tahu betapa bagusnya konsep yang di berikan oleh Sir Isaac Newton dalam dunia fisika. Newton merumuskan tentang 3 konsep gerak yang tertuang dalam Hukum I, II dan III Newton. Hukum I Newton dinyatakan sebagai sebuah inersia atau kelembaman sebuah benda. 


Hukum I Newton berbunyi: 

“Setiap Benda tetap pada ke adaan, diam atau bergerak dengan kecepatan konstan kecuali dipengaruhi oleh gaya” jadi benda yang diam akan cenderung untuk diam. hal ini dikenal dengan konsep kelembaman suatu benda. semakin besar massa suatu benda maka kelemannya semakin besar. begitu juga sebaliknya"

Sumber  Lebih Jelasnya, Menurut Hukum I Newton yaitu suatu benda akan diam atau akan bergerak lurus dengan kecepatan tetap, tanpa adanya gaya dari luar yang bekerja padanya. Kecenderungan benda untuk mempertahankan kedudukannya ini disebut dengan inersia. Sehingga hukum I Newton disebut juga juga dengan hukum Inersia atau kelembamam. Sifat inersia ini sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya seorang penumpang yang sedang duduk dengan nyaman di dalam bis, tiba-tiba akan terdorong ke depan ketika bis yang dinaikinya di rem secara tiba-tiba. Jika pengereman tersebut secara mendadak mengakibatkan kecelakaan (bertabrakan  dengan kendaraan lain), maka tubuh para penumpang di dalam bis akan membentur ke sana kemari. 

lalu apakah yang berhubungan dengan Hukum I Newton? 

tenang saja, banyak sekali yang berhubungan dengan hukum newton, salah satunya yaitu tentang sabuk pengaman pada mobil. kamu pasti sangat familiar bukan dengan benda yang satu itu. mengapa sabuk pengaman? dan apa kaitannya dengan kelembaman benda?      

Jadi, sabuk pengaman berfungsi untuk mengurangi resiko akibat kecelakaan. menggunakan sabuk pengaman sangat dianjurkan bagi kalian yang suka mengemudi mobil atau juga saat menaiki kendaraan umu. Sabuk pengaman adalah sebuah alat yang dirancang untuk menahan seorang penumpang mobil atau kendaraan lainnya agar tetap di tempat apabila terjadi tabrakan, atau, yang lebih lazim terjadi, bila kendaraan itu berhenti mendadak. Sabuk pengaman dirancang untuk mengurangi luka dengan menahan si pemakai dari benturan dengan bagian-bagian dalam kendaraan itu atau terlempar dari dalam kendaraannya. 

Gerakan kepala jika terjadi tabrakan Saat kendaraan yang kita tumpangi tiba-tiba direm mendadak atau menabrak sesuatu hingga berhenti, apa yang terjadi dengan kita? Tentu tubuh kita aka terdorong, bahkan bisa terlempar ke depan. Seadainya di depan kita ada benda-benda yang berbahaya, misalnya benda keras atau kaca mobil, tentunya akan berakibat fatal. Kegunaan sabuk pengaman (seat belt) akan “mengunci” tubuh kita di saat kita seharusnya “terdorong” ke depan karena sifat sifat inersia pada diri kita. 

Selain sabuk pengaman, beberapa mobil yang lebih modern diperlengkapi dengan kantung udara. Kantung udara  atau ”air bag”yang akan mengembang ketika mobil tiba-tiba berhenti sehingga dapat mencegah sopir menabrak kemudi atau dashboard. Nah, kalau sudah tahu sifat inersia atau kelembaman, semakin sadar kita untuk menggunakan sabuk pengaman. Demikian juga bagi pengendara motor untuk menggunakan helm, sehingga resiko akibat benturan atau kecelakaan  dapat dihindari.
Share This Article :
Admin

2150015116394843804