NqV8NWZcMGVcMqN4MWt9NatdMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

FENOMENA FISIKA: GAYA GESEK

FENOMENA FISIKA: GAYA GESEK

FENOMENA FISIKA: GAYA GESEK
TAHUKAH KAMU?
SUPLEMEN PENGETAHUAN
DAPATKAH KITA HIDUP TANPA GAYA GESEK?

Lihatlah sekitar kita maka kita akan tahu. Cobalah kita amati teman-teman kita di kelas ketika berjalan, ketika berlari atau ketika mereka duduk. Mereka dapat melakukan semua itu dengan nyaman bahkan tanpa ada rasa takut untuk jatuh dan lain sebagainya. Coba pula
kita amati orang di sekitar kita yang sedang memakai kendaraan mereka juga dapat berkendara dengan nyaman dan tidak takut terpeleset saat berkendara. Fenomena di atas tentu sering kita jumpai bukan?. Dari bagun tidur sampai kita tidur lagi sebenarnya hidup kita selalu berhubungan dengan fenomena fisika. Fenomena yang satu ini khususnya adalah gaya gesek.
   
Lalu apakah kita bisa hidup tanpa adanya gaya gesek?kita tidak dapat hidup di bumi ini tanpa adanya gaya gesek karena hidup kita juga selalu berhubungan dengan gaya gesek. Sebelum lebih jauh kita membahas bagaimana hidup kita selalu berhubungan dengan gaya gesek maka perlu kita ketahui terlebih dahulu tentang gaya gesek.Gaya gesek adalah gaya yang terjadi antara dua permukaan benda yang saling bersentuhan. Semakin kasar permukaan benda yang bersentuhan maka koefisien nilai gaya geseknya semakin besar. Besarnya nilai koefisien gesek adalah dari nol sampai satu.Ketika bernilai satu maka berarti benda tidak bisa bergerak.Apabila nilai koefisiennya nol Besarnya nilai koefisien gesek adalah dari nol sampai satu.Ketika bernilai satu maka berarti benda tidak bisa bergerak. Apabila nilai koefisiennya nol arti tidak ada gaya gesek sama sekali. Arah gaya gesek yaitu selalu berlawanan dengan arah gerak benda. 
Bisa kita bayangkan bagaimana kalau gaya gesek tidak ada atau semua permukaan benda yang ada di bumi ini licin?. Ketika permukaan licin maka gaya geseknya sangat kecil. Bagaimana imbasnya terhadap kehidupan kita sehari-hari? Mari kita Analisa bersama dengan menggunakan fisika. Pertama gaya gesek terjadi karena dua permukaan benda saling bersentuhan. Ketika kita berlari, berjalan maka alas kaki kita bersinggungan dengaan lantai sebagai bidang kontak. Dengan adanya gaya gesek maka kita dapat berjalan dengan nyaman. 

Jika gaya gesek antara alas kaki dan meja dihilangkan atau dua permukaannya licin maka untuk berdiri saja kita susah karena sangat licin apalagi untk berjalan dan berlari. Gaya gesek yang diberikan lantai berguna untuk manusia dapat berjalan dengan mudah dan berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain.  Hal ini juga berlaku ketika kita berkendara motor maka terjadi gaya gesek antara roda dan jalan raya. Gaya gesek ini berguna karena dengan adanya gaya gesek motor dapat berjalan dengan mudah. Bias kita bayangkan kalau jalanan licin atau roda kendaraaannya yang licin maka akan menimbulkan permasalahan bagi manusia. Hal ini dapat menyebabkan kecelakaan yang berujung pada kematian. Besarnya gaya gesek tersebut dapat kita rumuskan sebagai berikut:

f = N.μ

dimana:
            f = Gaya gesek            N= Gaya normal            μ = koefisien gesekan.


Perhatikan bahwa Arah gaya gesek berlawanan dengan arah gerak benda. Nah, sekarang kalian sudah tahu bukan bahwa sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berhubungan dengan fisika. Jadi jangan malas belajar fisika karena materi ini sangat bermanfaat bagi kalian. Terus gali pengetahuan kalian mengenai materi ini dalam kehidupan sehari-hari dan cobalah analisa dengan fisika sehingga kalian akan lebih mengatahui manfaat dari belajar fisika
Share This Article :
Admin

2150015116394843804