NqV8NWZcMGVcMqN4MWt9NatdMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

KAMUS FISIKA LENGKAP TERBARU DARI A-Z

Kamus Fisika A-Z

Kamus Fisika A-Z

A
Acxeleration, percepatan : lambang a. makna: pertambahan kelajuan atau kecepatan. Percepatan diukur dalam satuan m/ 
Acceleration of free fall, percepatan jatuh bebas, lambang g. makna: percepatan yang dialami setiap benda bermassa yang jatuh bebas dalam medan gravitasi bumi.
Accelerator, pemercepat, makna: peralatan untuk meningkatkan energy kinetic partikel bermuatan
Amount of substance, jumlah zat. Lambang n. makna; ukuran jumlah entitas yang ada dalam suatu zat. Satuan untuk jumlah zat yaitu mol.
Amplitude, amplitude makna : panjang gelombang
Amplitude modulation (AM), modulasi amplitudo
Angular momentum, momentum sudut. Lambang L. makna; merupakan hasil kali kecepatan sudut suatu benda dengan momen kelembaman disekitar sumbu putar. Formula: L= I.w
Anomaly, anomaly. Makna: sudut yang digunakan untuk menentukan letak sebuah benda seperti, planet pada suatu orbit eliptis.
Audio frequency, frekuensi terdengar. Makna; frekuensi yang terdengar telinga manusia.

Audiometer. Makna: alat yang menghasilkan suatu bunyi dengan frekuensi dan intensitas yang diketahui, untuk mengukur kemampuan pendengaran seseorang.
Average (mean), rata-rata.makna: rata-rata aritmetik dari sekumpulan n biangan yang jumlah semua bilangan tersebut dibagi dengan n.
Axis, sumbu. Makna: salah satu dari beberapa garis acuan yang digunakan untuk menentukan letak titik-titik di dalam suatu grafik system koordinat.

B
Balance. Timbangan. Makna: piranti untuk menimbang dengan teliti. Ada juga Neraca (bean balance) sederhana yang terdiri dari dua buah piringan yang tergantung pada sebuah batang dengan sumbu pusat.
Base, basis. Makna julah lambang yang berbeda pada suatu system bilangan
Base unit, satuan dasar. Makna: satuan yang didefinisikan sembarang alih-alih didefinisikan dengan kombinasi sederhana satuan-satuan lain.
Bending moment, momen lentur. Makna: momen lentur di sekitar sebuah batang horizontal yang diberi beban.
Bulk modulus, modulus curah yaitu perbandingan tekanan pada sebuah benda terhadap fraksi penurunan volume.

C
Calorie, calori. Makna: jumlah panas yang dibutuhkan untuk menaikkan temperature 1 gram air sebanyak 1 derajat celcius. Satuan SI untuk 1 Kalori = 4,1868 joule.
Calorimeter, calorimeter. Makna: salah satu jenis piranti yang digunakan untuk mengukur sifat termal.
Centi, senti. Makna: awalan yang digunakan dalam system metric untuk menunjukkan seperseratus. Lambang: c.
Centre of gravity, pusat gravitasi. Makna: seebuah titik yang dianggap sebagai tempat seluruh berat benda bekerja, blia benda benda tersebut bekerja dalam medan gravitasi seragam.
Centre of mass, Pusat massa. Makna: sebuah titik yang dapat dianggap merupakan konsentrasi seluruh massa sebuah benda.
Coefficient, koefisien. Makna: dalam matematika merujuk pada sebuah bilangan atau factor lain yang diketahui yang dikalikan dengan suatu besaran variable. Untuk makna dalam fisika merujuk pada ukuran sifat tertentu suatu bahan tertentu dalam keadaan tertentu. Misalnya koefisien gesekan suatu bahan.
Collision density, kerapatan tumbukan. Makna: jumlah tumbukan yang dapat terjadi dalam suatu satuan volume selama satuan waktu bila sebuah fluks neutron tertentu melintas melalui materi.
Conservation law, hukum kekekalan. Makna: hukum yang menyatakan bahwa jumlah total sifat fisis yang dimiliki sebuah system seperti massa, energy atau muatan, tetap tidak berubah walaupun mungkin ada pertukaran sifat tersebut diantara komponen-komponen system tersebut.
Conservative field, medan konservatif. Makna: suatu medan yang didalamnya kerja yang dilakukan untuk memindahkan sebuha benda dari satu titik ke titik yang lain yang tidak bergantung pada lintasan.
Constant, tetapan. Makna: a) komponen suatu hubungan antar variable yang nilainya tidak berubah. b) suatu nilai tetap yang harus ditambahkan pada suatu integral tak tentu.

D
Deca, deka. Makna: walan yang digunakan dalam system metric untuk menunjukkan sepuluh kali lipat.
Degree, derajat. Makna: a) satuan sudut bidang datar yang sama dengan 1/360 derajat dari satu putaran penuh. b) pembagian pada skala temperatur. c) pangkat suatu variable.
Density, rapat.makna: a) massa suatu bahan per satuan volume. Dalam SI yaitu kg/.
Differential equation, persamaan  diferensial. Makna: persamaan yang turunan y terhadap x muncul dan variable x dan y pun muncul pada persamaan tersebut.
Dynamics, dinamika. Makna: cabang mekanika yang mempelajari gerakan benda benda akibat gaya yang bekerja. Selang waktu, jarak dan massa dianggap sebagai hal-hal yang mendasar dan benda-benda dianggap memiliki kelembaman.
Dynamometer, dynamometer. Makna: a) alat untuk mengukur gaya, biasanya berbentuk neraca pegas. b) piranti untuk mengukur daya keluaran sebuah mesin atau motor.
Dyne, makna: satuan gaya dalam system c.g.s. yaitu gaya yang dibutuhkan untuk mempercepat satu gram massa sebesar 1 cm/. 1 dyne = . Newton.

E
Elastic collision, tumbukan elastic (lenting). Makna: tumbukan yang mengakibatkan jumlah keseluruhan eneri kinetic benda-benda yang bertumbukan setelah tumbukan sama dengan jumlah keseluruhan energy kinetic sebelum tumbukan.
Elasticity, elastisitas. Makna: sifat beberapa bahan tertentu yang memungkinkan bahan tersebut kembali ke ukuran semula setelah tegangan yang diberikan ditiadakan.
Elastic limit, batas elastic suatu bahan.
Elastic modulus, modulus elastic. Makna: perbandinagn tegangan yang bekerja pada suatu benda dengan regangan yang dihasilkan.
Ellipse, elips * irisan kerucut. Makna: irisan kerucut yang dibentuk oleh perpotongan sebuah bidang datar dengan kerucut melingkar tegak lurus, sheingga bidang tersebut condong terhadap sumbu kerucut dengan sudut lebih besar daripada setengah sudut kerucut.
Energy, energy. Makna: ukuran kemampuansuatu system untuk melakukan kerja. Seperti halnya kerja, energy diukur dalam satuan joule. Kinetic energy: energy gerak dan umumnya ditetapkan sebagai kerja yang dilakukan oleh benda yang meiliki energy kalau benda tersebut dihentikan. Potential energy: energy yang tersimpan dalam suatu benda atau system karena letaknya, bentuknya atau keadaannya.
Equation of motion (kinematic motion), persamaan gerak.. makna: persamaan-persamaan yang berlaku pada benda bergerak yang menguhungkan jarak, waktu dan kecepatan.
Equilibrium, kesetimbangan. Makna: keadaan penyebaran energy suatu system dengan cara yang paling mungkin secara statistic.
erg makna: satuan usaha atau energy dalam c.g.s. erg didefinisikan sebagai udaha yang dilakukan gaya sebesar 1 dyne yang bekerja sepanjang jarak 1 sentimeter. 1 erg =  joule.

F
Field, medan. Makna: a) suatu daerah tertentu. Suatu benda pada daerah ini mengalami *gaya akibat keberadaan satu atau beberapa benda lain. b) suatu metoda untuk menyatakan cara benda-benda mampu saling mempengaruhi.
Foot, kaki. Satuan panjang dalam satuan f.p.s. 1 kaki = 1/3 yard atau = 0,3048 meter.
Force, gaya. Makna: sesuatu yang cenderung mengubah momentum suatu benda massif. Lambangnya F. gaya didefinisikan berbanding lurus dengan laju pertambahan momentum.
Force ratio, maka: perbandingan gaya keluaran (beban) sebuah mesin terhadap gaya masukan (usaha).
Free energy, energy bebas. Makna: ukuran suatu system untuk melakukan kerja.
Free fall, jatuh bebas. Makna: gerakan yang berasal dari medan gravitasi yang tidak terhalangi medium yang akan menimbulkan suatu gaya gesekan yang memperlambat gerak atau gaya tekan ke atas.
Free space, ruang hampa. Makna: suatu daerah yang di dalamnya tidak terdapat materi, medan elektromagnetik ataupun medan gravitasi.
Frequency modulation (FM) , frekuensi modulasi.
Friction, gaya gesek (friksi). Makna: gaya yang melawan gerak pada suatu permukaan relative satu sama lain, gaya tersebut bersinggungan dengan permukaan.
fundamental constant (universal constant),tetapan fundamental. Makna: parameter yang tidak berubah di seluruh alam semesta. Misalnya, muatan electron, laju cahaya di ruang hampa, dll.
Fundamental unit, satuan fundamental. Makna: sekelompok satuan pengukuran yang didefinisikan sendiri-sendiri (saling tak bergantung yang membentuk dasar system satuan).

G
Galaxy, galaksi. Makna: sekumpulan besar bintang, debu dan gas yang tergabung menjadi stu akibat tarikan gravitasi atntara komponen-komponennya.
Galaxy cluster, gugus galaxy. Makna: kelompok galaksi yang terdiri dari berates-ratus anggota yang tersebar hingga jari-jari rentangnya mencapai beberapa megaparsec.
Giga, makna: awalan yang digunakan dalam system metric untuk menyatakan seribu juta kali. Lambangnya G. misalnya, 1 gigajoule (GJ) =  joule.
gram, makna: satuan fundamental massa dalam c.g.s. lambangnya g. merupakan seper seribu kilogram.
Graph, grafik. Makna: diagram yang menggambarkan hubungan antara dua variable.
Gravitation, gravitasi. Makna: gaya tarik menarik atau tolak menolak antara dua benda yang bermassa.
Gravitational constan, konstanta gravitasi dengan lambang G. Makna: a) merupakan tetapan gravitasi yang memiliki nilai 6,672559 x  N /. a) G sering dianggap sebagai tetapan semesta.
Gravitational field. Medan gravitasi. Makna: suatu daerah yang dalam ruang yang menyelimuti suatu benda yang mempunyai sifat *massa. Pada daerah ini setiap benda lain yang memiliki massa akan mengalami suatu gaya tarik.
Gravitational interaction, interaksi gravitasi.
Gravitational mass, massa gravitasi
Gravitational shift, pergeseran gravitasi.

H
Harmonic, harmonik (selaras). Makna: osilasi dengan frekuensi yang merupakan kelipatan sederhana osilasi sinus fundamental (dasar).
Harmonic motion, makna: gerak harmonic.
Harmonic series, deret harmonic. Makna: deret atau perambatan yang kebalikan suku-sukunya memiliki selisih yang tetap.
Hertz, makna: a) frekuensi yang sama dengan satu siklus per detik. Lambangnya Hz. b) digunakan untuk mengenang fisikawan asal jerman, Heinrich Hertz (1857-1895).
High frequency, frekuensi tinggi. Makna: frekuensi antara 3 – 30 ega hertz. Atau setara dengan panjang gelombang antara 10 – 100 meter.
Hooke’s law, hukum hooke. Makna: a) tegangan yang diberikan pada zat padat sebanding dengan regangan yang dihasilkannya dalam batas elastic zat padat. b) hukum ini pertama diajukan oleh ilmuwan asal inggris, Robert hooke (1635-1703) dalam bentuk “Ut tension, sic vis”.
Horse power (hp), tenaga kuda. Makna:  gaya 550 kaki-pon per detik atau sama dengan 745,7 watt.
Humidity, kelembaban. Makna: konsentrasi uap air didalam atmosfer.

I
Impulse, impuls. Makna: hasil kali gaya (F) dan waktu (t) selama gaya bekerja. Impuls dilambangkan dengan I.
Intensity, intensitas. Makna: a) laju perpindahan energy pancaran per satuan luas. b) laju perpindahan energy bunyi yang diukur terhadap suatu nilai acuan.
Interaction, interaksi. Makna: efek yang melibatkan sejumlah benda, partikel atau system sebagai akibat dari adanya perubahan fisis atau kimiawi pada sebagian benda, partikel atau system itu.
Interference, interferensi. Makna: interaksi antara dua gerakan gelombang atau lebih yang mempengaruhi suatu bagian medium yang sama sehingga gangguan sesaat pada gelombang paduan merupakan jumlah vector gangguan-gangguan sesaat pda masing-masing gelombang.

J
Joule, makna: satuan internasional untuk kerja dan energy yang sama dengan kerja yang dilakukan bila sebuah titik mengalami gaya sebesar satu newton sehingga bergerak sejauh satu meter pada arah gaya. I joule =  erg = 0,2388 kalori.
Joule’s Laws. Hukum-hukum joule. Makna: panas yangtimbul bila arus listrik mengalir melalui resistansi selama selang waktu tertentu.

K
Kepler’s laws, hukum ke-hukum kepler. Makna: a) tiga hukum keepler mengenai gerak planet yang dirumuskan oleh Johannes kepler (1571-1630) berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh Tyco Brahe (1546-1601). b) hukum I kepler menyatakan bahwa lintasan orbit planet berbentuk elips dengan matahari pada salah satu titik apai elips; hukum II kepler menyatakan bahwa setiap planet erputar mengelilingi matahari sehingga seuah garis khayal (vector jari-jari) yang menghubungkan planet dengan matahari menyapu daerah dengan luas yang sama besar untuk waktu yang sama; hukum III kepler menyatakan bahwa perbandingan kuadrat *periode sideris tiap planet terhadap pangkat tiga jaraknya ke matahari tetap untuk setiap planet.
kilogram, makna: satuan internasional untuk massa yang didefinisikan sebagai massa yang sama dengan massa platinum-iridium internasional yang disimpan di kantor internasional mengenai berat dan ukuran (international bureau of weigh and measure) di kota sevres, dekat paris.
Kinematic equation, makna: persamaan kinematika
Kinematics, kinematika. Makna: cabang mekanika yang mempelajari gerak benda dengan mengaaikan gaya-gaya yang mengakibatkan gerak itu sendiri.
Kinetic effect, efek kinetic. Makna: efek kimia yang tidak bergantung pada termodinamika, melainkan pada laju reaksi.
Kinetic energy, energy kinetic. Makna: energy yang timbul dari suatu benda karena gerak benda tersebut.
Kinetics, kinetika. Makna: cabang ilmu kimia fisika yang mempelajari pengukuran dan penelitian laju eaksi kimia.
Kinetic theory, teori kinetic. Makna: teori yang merupakan hasil karya Count Rumford (1753-1814), James Joule (1818-1889), dan James Clerk Maxwel (1831-1879), yang menjelaskan sifat-sifat fisis materi dalam bentuk gerakan partikel-partikel penyusunnya.

L
Launch vehicle, kendaraan peluncur. Makna: roket yang digunakan untuk meluuncurkan satelit, wahan ruang angkasa, stasiun ruang angkasa dll.
Line of force, garis gaya. Makna: garis-garis khayal didalam medan gaya yang memungkinkan penggambaran arah dan kuat medan.
Litre, liter. Makna: satuan volume dalam system metric yang dianggap sebagai istilah khusus untuk desimeter kubik. Lambangnya L. volume 1 kilogram air murni pada temperature   pada tekanan standar yang besarnya setara dengan 1,00028 .

M
Magnetic field strength, makna; kuat medan magnet.
Magnetic force, gaya magnet. Makna: gaya tarik tau gaya tolak yang bekerja pada sebuah kutub magnet atau pada sebuah muatan listrik yang bekerja di dalam medan magnet.
Mass, massa. Makna: ukuran kelembaman suatu benda, dengan kata lain hambatannya terhadap percepatan.
Mass decrement, makna: penurunan massa.
Mean, makna: rerataan.
Mechanics, mekanika. Makna: ilmu yang mempelajari interksi antara materi dengan gaya yang bekerja padanya.
Mega, makna: awalan yang digunakan dalam system metric yang menyatakan sejuta kali. Lambangnya M.  Misalnya  volt = 1 megavolt (Mv)
Metre, meter. Makna: satuan panjang dalam system internasional, yaitu panjang lintasan yang ditempuh cahaya dalam vakum selama selang waktu 1/(2,99 792 458 x ) detik. Lambangnya m.
Metric system, system metric. Makna: system acuan decimal yang mulanya diusulkan oleh suatu panitia dari akademi prancis, termasuk J.L Lagrange dan P.S laplace pada tahun 1791.
Micrometer, micrometer. Makna: alat tolok untuk mengukur dengan teliti garis tengah, ketebalan dan lain-lain yang berukuran kecil.
Modulus of elasticity, makna: modulus elastisitas.
Molecule, molekul. Makna: salah satu satuan dasar yang membentuk senyawa kimia yang dapat ikut serta dalam reaksi kimia.
Moment of a force, momen gaya. Makna: ukuran efek berputar yang diakibatkan oleh suatu gaya di sekitar suatu sumbu.
Moment of inertia, momen kelembaman. Makna: kelembaman suatu benda padat terhadap suatu sumbu yaitu jumlah seluruh hasil kali besar masing-masing elemen massa dengan kuadrat jaraknya dari gars sumbu. Lamangnya L.
Momentum, makna: momentum linear (linear momentum) yaitu hasil kali massa benda (m) dan kecepatannya  (v) lambangnya P. rumusnya P = m.v.
Motion, gerak. Makna: perubahan letak suatu benda atau system terhadap waktu yang diukur oleh seorang pengamat tertentu di dalam kerangkan acuan tertentu.

N
Nano, makna: awalan yang digunakan dalam system metric untuk menyatakan . Lambangnya n.
Newton, makna: satuan internasional untuk gaya yang menyatakan gaya yang dibutuhkan untuk mempercepatan satu kilogram massa sebesar 1 m/.
Newtonian mechanics, mekanika newton. Makna: system mekanika yang berdasarkan hukum gerak newton.
Newton’s law of gravitation, hukum gravitasi newton. Makna: gaya tarik menarik antar partikel bermassa di alam semesta ini.
Newton’s law of motion, hukum gerak newton. Makna: ada tiga gerak yang menjadi dasar mekanika newton yaitu (1) sebuah benda akan tetap dalam keadaan diam atau bergerak seragam dalam lintasan garis lurus bila tidak dipengaruhi gaya luar. (2) laju perubahan momentum sebuah benda yang bergerak sebanding dan memiliki arah yang sama dengan gaya yang mempengaruhinya. (3) jika seuah benda memberikan gaya kepada benda lain, akan timbul gaya yang sama besar tetapi berlawanan arah yang disebut reaksi oleh benda kedua terhadap benda pertama.
Normal, makna: sebuah garis yang ditarik tegak lurus terhadap permukaan.

O
Orbit, garis edar. Makna: lintasan suatu benda langit mengelilingi benda langit lainnya di dalam ruang angkasa.

P
Pascal, makna: satuan tekanan SI yang besarnya sama dengan satu newton per meter persegi.
Pendulum, bandul. Makna: benda tegar yang bearyun di sekitar satu titik tetap.
Period, perioda. Makna: besarnya waktu yang dibutuhkan untuk satu kali putaran.
Periodic law, hukum periodic. Makna: prinsip bahwa sifat-sifat fisis dan kimiawi yang dimiliki unsur-unsur merupakan suatu fungsi berkala dari jumlah protonnya.
Periodic motion, gerak periodic. Makna: gerak suatu system yang berulang terus-menerus dan sama.
Physics, fisika. Makna: ilmu yang mempelajari hukum-hukum yang menentukan struktur alam semesta dengan mengacu kepada materi dan energy yang dikandungnya.
Planet, makna: benda yang berputar mengelilingi benda astronomi pusat, terutama salah satu dari Sembilan planet yang mengitari matahari dalam lintasan orbit elips.
Plasticity, plastisitas. Makna: sifat zat padat yang menyebabkan zat padat tersebut berubah secara permanen dalam ukuran atau bentuk akibat tegangan yang diberikan melebihi suatu nilai tertentu yang disebut titik luluh (yield point).
Potential energy, energy potensial. Makna: energy yang dimiliki suatu benda karena kedudukannya.
Power, daya. Makna: laju kerja yang dilakukan atau laju energy yang dipindahkan. Dalam satuan SI daya diukur dalam watt (joule per deyik) dan dilambangkan dengan P.
Pressure, tekanan. Makna: gaya yang bekerja tegak lurus per satuan luas suatu permukaan, atau nisbah gaya terhadap luas. satuan SI tekanan diukur dalam pascal.
Pulley, katrol. Makna: mesin sederhana untuk mengangkat suatu bean yang terdiri dari sebuah roda dengan lingkaran yang rata, bergerigi, atau eralur untuk memuat sabuk, tali atau rantai.

R
Radial velocity, makna: kecepatan radial.
Radius of curvature, makna: jari-jari kelengkungan.
Reaction, reaksi. Makna: suatu gaya yang setara namun berlawanan arah dengan beberapa gaya lain, sesuai dengan hukum ketiga Newton tentang gerak.
Resolution, resolusi. Makna: pemisahan suatu besaran vector menjadi dua komponen yang biasanya tegak lurus satu sama lain.
Resonance, resonansi. Makna: osilasi suatu system pada frekuensi alamiah getarannya, seperti yang telah ditentukan oleh parameter fisis system.
Restitution coefficient, koefisien restitusi. Makna: ukuran elastisitas benda-benda yang bertumbukan.
Rest mass, massa diam. Makna: massa suatu benda diam bila diukur oleh seorang pengamat yang juga berada dalam keadaan diam didalam kerangka acuan yang sama.
Resultant, resultan. Makna: besaran vector yang memiliki efek yang sama dengan dua atau lebih besaran vector lain yang sejenis.
Rotational motion, gerak berputar. Makna: hukum-hukum yang berhubungan dengan perputaran suatu benda mengelilingi suatu sumbu mirip dengan hukum-hukum pada gerak lurus.

S
Satellite, satelit. Makna: benda alam yang berukuran relative kecil yang mengitari sebuah planet.
Scalar product (dot product), hasil kali scalar. Makna: hasil kali dua vector U dan V, masing-masing dengan komponen-komponen U1,U2,U3 dan V1,V2,V3.
Scalar quantity, besaran scalar. Makna: besaran yang arahnya tidak dijelaskan (seperti pada kelajuan) atau yang tidak memiliki arah (seperti pada temperatur).
Shearing force, gaya geser. Makna: gaya yang ekerja sejajar dengan sebuah bidang bukannya tegak lurus idang seperti pada gaya tarik atau gaya tekan.
Simple harmonic motion (SHM), gerak harmonic sederhana. Makna: jenis gerak berkala pada gerak harmoniksederhana. Sebuah titik atau benda berosilasi sepanjang sebuah garis di sekitar sebuah titik pusat sedemikian rupa sepanjang sehingga titik atau benda tersebut berada dalam rentangan jarak yang sama dari masing-masing sisi titik pusat.
SI Unit, satuan SI. Makna: satuan system internasional (SI) yang kini penggunaannya dianjurkan terutama dibidang ilmiah.
Solid, zat padat. makna: keadaan materi yang memiliki keteraturan struktur tiga dimensi yang merupakan akibat dari dekatnya komponen-komponen atom, ion atau molekul dan kuatnya gaya yang mengikatnya.
Space, ruang. Makna: sifat alam semesta yang memungkinkan fenomena fisis diperluas menjadi tiga arah yang saling tegak lurus.
Specific, jenis. Makna: menunjukkan bahwa suatu besaran fisi ekstensif dinyatakan per satuan massa.
Specific gravity, makna: berat jenis.
Specific impulse, impuls jenis. Makna: ukuran daya dorong yang dimiliki suatu bahan bakar roket.
Specific surface, permukaan jenis. Makna: luas permukaan suatu bahan tertentu per satuan massa yang dinyatakan dalam /kg.
Specific volume, volume jenis. Makna: volume suatu bahan per satuan massa.
Speed, kelajuan. Makna: nisbah jarak yang ditempuh suatu benda terhdapa waktu yang dibutuhkannya. Kelajuan merupakan besaran scalar. Sedangkan kecepatan adalah besaran vector.
Speed of light, laju cahay. Makna: kelajuan gerak radiasi elektromagnetik dengan lambang c.
Spring balance, neraca pegas. makna: bentuk sederhana dari timbangan. Neraca ini diukur dengan regangan yang dihasilkannya pada suatu pegas spiral.
star, bintang. Makna: benda langit yang memiliki cahaya sendiri, seperti matahari.
Static, statika. Makna: cabang mekanika mengenai benda-benda yang dikenakan gaya-gaya dan kopel-kopel seimbang sehingga benda-benda tersebut tetap tidak bergerak atau tetap bergerak tanpa dipercepat.
Strain, regangan. Makna: ukuran sampai sejauh mana sebuah benda mengalami deformasi bila diberi tegangan.
Strain gauge, alat tolak regangan. Makna: piranti untuk mengukur deformasi yang dialami sebuah benda.
Stress, tegangan. Makna: gaya per satuan luas pada sebuah benda yang cenderung mengakibbatkan tersebut mengalami deformasi.
String, dawai. Benda satu dimensi yang digunakan dalam teori mengenai partikel elementer dan dalam kosmologi.
Super gravity, super gravitasi. Makna: teori medan terpadu unruk semua interaksi fundamental yang diketahui yang melibatkan super simetri.
Supplementary unit, makna: satuan tambahan.

T
Tangent, tangen. Makna: garis yang menyinggung suatu kurva, atau bidang yang menyentuh suatu permukaan.
Time, waktu. Makna: dimensi yang memungkinkan dibedakannya dua peristiwa identik, namun berlainan yang berlangsung pada titik yang sama dalam ruang.
Torsion, torsi (puntiran). Makna: deformasi punter yang dihasilkan oleh torka atau kopel.
Torsion balance, neraca torsi. Makna: piranti untuk mengukur gaya-gaya yang sanagat lemah.
Translation, translasi. Makna; pergeseran suatu jenis gerak benda.

U
Unit, satuan. Makna: ukuran tertentu besaran fisik, seperti panjang, massa, waktu dan lain-lain.
Universal constant, makna: kontanta universal.
Universe, alam semesta. Makna: seluruh materi, energy dan ruang yang ada.

V
Vacuum, vakum. Makna: ruang yang didalamnya terdapat gas bertekanan atau dengan kata lain terdaapat atom atau molekul dalam jumlah yang relative sedikit.
Vector, vektor. Makna: besaran ayng baik besar maupun arahnya harus dinyatakan.
Vector product (croos product), hasil kali dua vector U dan V yang masing-masing memiliki komponen-komponen U1,U2,U3 dan V1,V2,V3, bentuknya U x V.
Velocity, kecepatan. Makna: laju perpindahan sebuah enda yang dilambangkan dengan v. kecepatan merupakan esaran vector yang artinya memiliki nilai dan arah.
Velocity ratio, nisbah kecepatan. Makna: nisbah antara jarak yang ditempuh oleh suatu titik tempat usaha bekerja pada mesin sederhana terhadap jarak yang ditempuh oleh suatu titik ditempat beban bekerja pada saat yang bersamaan.
Volume, volum. Makna: ruang yang ditempati oleh suatu benda atau massa fluida.

W
Watt, makna: satuan SI untuk daya yang didefinisikan sebagai daya sebesar satu joule per detik. Lambangnya W.
Wave, gelombang. Makna: gangguan periodic dalam suatu medium atau ruang.
Weight, berat. Makna: gaya yang menarik benda ke bumi.
Weightlessness. Keadaan tanpa berat. Makna: keadaan sebuah benda pada saat benda itu berada pada jarak tak terhingga jauhnya dari benda lainnya.
Work, kerja. Makna: kerja yang dihasilkan suatu gaya yang bekerja pada sebuah benda merupakan hasil kali gaya dengan jarak yang ditempuh suatu titik tempat gaya bekerja pada arah gaya tersebut.

Y
Yield point, makna titik luluh.
Young modulus of elasticity,makna: modulud elastisitas young.

Z
Zero point energy, energy titik nol. Makna: energy yang tersisa dalam suatu bahan pada temperature nol mutlak.

Share This Article :
Admin

2150015116394843804